WC Duduk vs WC Jongkok, Lebih Sehat Mana? - Klinikana
Info Terbaru :
Home » , , , » WC Duduk vs WC Jongkok, Lebih Sehat Mana?

WC Duduk vs WC Jongkok, Lebih Sehat Mana?

Written By Klinikana on 01 December 2012 | 20:47


KLINIKANA - Penggunaan WC duduk telah menjamur ke semua negara-negara di Asia Tenggara, seakan hendak menyingkirkan kebiasaan penggunaan WC jongkok. Kebiasaan yang berasal dari negara-negara Eropa ini tidak hanya ditiru oleh kalangan menengah ke atas saja, tapi juga sudah ditiru oleh kalangan menengah ke bawah.

Sebenarnya, manakah yang lebih sehat antara WC duduk dengan WC jongkok?

Hasil studi yang dilakukan oleh peneliti Jepang, seperti yang dikutip dari kompas.com menunjukkan, terjadi pengurangan keinginan mengejan saat respondon diminta berpindah dari posisi duduk ke posisi jongkok.

Mengejan ketika buang air besar berkaitan erat dengan wasir/ambeien. Penggunaan WC duduk dapat memicu penyakir wasir/ambeien.

Studi lain yang dilakukan oleh Dr. Dov Sikirov memaparkan bahwa posisi duduk dan jongkok pada saat buang air besar ternyata berpengaruh pada kenyamanan. Pada saat posisi seseorang jongkok, ia membutuhkan 51 detik untuk memindahkan isi perutnya (BAB). Sedangkan saat posisi duduk di toilet lebih tinggi, orang membutuhkan 130 detik untuk memindahkan isi perutnya.

Posisi jongkok menurut naturesplatform.com mempunyai 7 kelebihan dibandingkan posisi duduk.


1. Membuat eliminasi lebih cepat, lebih mudah dan lebih lengkap. Ini membantu mencegah "stagnasi tinja," faktor utama dalam kanker usus besar, usus buntu, dan penyakit radang usus.

2. Melindungi saraf yang mengendalikan prostat, kandung kemih dan rahim dari penegangan dan kerusakan.

3. Katup ileocecal valve lebih aman, yakni katup antara usus besar dan usus kecil. Dalam posisi duduk, katup ini tidak didukung dan sering terjadi kebocoran selama BAB yang dapat mencemari usus kecil.

4. Melemaskan otot puborectalis yang biasanya tersedak rektum untuk mempertahankan kontinensia.


5. Menggunakan paha untuk mendukung usus dan mencegah mengejan. Ketegangan kronis ketika berada di WC dapat menyebabkan hernia, diverticulosis, dan prolaps organ panggul.


6. Sangat efektif mencegah wasir, seperti yang ditunjukkan oleh penelitian klinis.

7. Bagi wanita hamil, jongkok dapat menghindari tekanan pada rahim saat menggunakan WC. 


Jadi, berdasarkan kajian di atas, WC jongkok lebih sehat dibandingkan WC duduk.


Share this article :

1 comment:

Faisal said...

Makanya saya lebih suka wc jongkok. Selain itu lebih higienis. Kalau wc duduk di tempat umum mending jongkok aja diatasnya, dari pada pantat kena bekas orang.

Post a Comment

 
Support : Johny Template | Mas Template
Copyright © 2012. Klinikana - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger